Cari Blog Ini

Rabu, 19 November 2014

FOTO-FOTO ACARA OBSERVASI GERHANA BULAN TOTAL 8 OTOBER 2014 M



         
Gerhana bulah merupakan salah satu peristiwa alamiah dimana posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. Bila bayang bumi hanya menutupi sebahagian permukaan bulan, maka gerhana ini dinamai dengan gerhana bulan Parsial, dan bila bayang bumi menutupi seluruh permukaan bulan, maka dinamakan dengan gerhana bulan total.
Gerhana bulan total adalah sebuah peristiwa gerhana bulan dimana lingkaran bayang inti bumi sepenuhnya menutupi lingkaran bulan. Secara kasat mata, di saat puncak gerhana, seluruh bulatan piringan bulan akan terlihat berwarna hitam dalam beberapa saat.
            Dengan pendekatan ilmu falak dan sofware ilmu falak yang kami miliki, Gerhana bulan total ini kami pastikan akan terjadi pada hari Rabu 8 Oktober 2014 dari pukul 16:16 s/d 19:35 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 17:56 WIB dimana 99% bentuk bulan ditutupi oleh bayang inti bumi. Gerhana
bulan total ini secara global akan terlihat di Australia, Asia dan Amerika. Sementara itu untuk daerah lain seperti Timur Tengah, Eropa dan Afrika tidak akan terlihat gerhana bulan total ini karena pada saat gerhana terjadi daerah tersebut masih siang hari dan bulan masih di bawah ufuk timur. 
          Di Indonesia, gerhana bulan total ini akan terlihat sempurna dari awal gerhana sampai akhir cuma di Indonesia Timur dan Indonesia Tengah, sementara di Indonesia Barat awal gerhana tidak bisa diamati karena bulan masih di bawah ufuk timur. Bentuk gerhana di Indonesia Barat berfariasi tergantung waktu tebit bulan di daerah masing-masing. Di Lhokseumawe gerhana mulai terlihat pukul 18:30 Wib, Banda Aceh mulai pukul 18:38 wib, Medan pukul 18:22 Wib, Padang, Riau, Pekan Baru pukul 18:20 Wib. Untuk semua daerah ini gerhana tidak terlihat dalam bentuk gerhana total tetapi dalam bentuk gerhana sebahagian. 



Lokasi KP3 Kota Lhokseumawe...sangat bagus untuk obesrvasi gerhana bulan karena ufuk timurnya sangat bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar