Cari Blog Ini

Kamis, 15 September 2016

GERHANA BULAN PENUMBRA 17 SEPTEMBER, PENUTUP PERISTIWA GERHANA DI TAHUN 2016.

Gerhana adalah peristiwa terhalangnya cahaya dari sebuah sumber oleh benda yang lain, seperti terhalang cahaya matahari oleh bulan yang menyebabkan gerhana matahari dan terhalang cahaya matahari oleh bumi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. Gerhana bulan terjadi saat bulan berada pada fase purnama (full moon), namun gerhana bulan tidak terjadi disetiap bulan purnama, karena bidang orbit bulan tidak sejajar dengan bidang orbit bumi.
Dalam ilmu falak, gerhana bulan dikenal ada tiga macam jenisnya. Pertama, gerhana bulan
total, gerhana ini terjadi disaat bulan sepenuhnya memasuki dalam bidang bayang inti (umbra) bumi, sehingga bulan terlihat saat puncak gerhana total berwarna hitam kemerah-merahan. Kedua gerhana sebagian (parsial), dimana saat puncak gerhana terjadi, permukaan bulan hanya sebagian memasuki dalam bayang inti bumi, sehingga saat puncak gerhana terjadi, bulan terlihar sebahagian yang bercahaya dan sebahagian lagi berwarna hitam. Ketiga gerhana bulan penumbra, dimana bulan hanya memasuki dalam kerucut bayang luar bumi saja, tidak sampai ke dalam bayang inti. Pada saat gerhana penumbra ini terjadi, secara kasat mata bulan hanya terlihat redup tidak seperti pada saat purnama-purnama biasanya yang memancarkan cahaya terang. Untuk melihat secara detail proses terjadinya gerhana parsial dari awal sampai akhir harus menggunakan alat bantu seperti teleskop, agar permukan bulan bisa terlihat secara jelas saat gerhana peneumbra terjadi.
Gerhana bulan penumbra hanya dikenal dalam kajian ilmu falak, sedangkan dalam kajian fikih klasik hanya dikenal gerhana bulan total dan gerhana bulan parsial, tidak dikenal adanya gerhana bulan penumbra. Oleh karenanya, sampai saat ini, hukum salat untuk  gerhana bulan penumbra masih diperbincangkan, ada yang berpendapat sunat sebagaimana salat sunat gerhana bulan total dan parsial, dan ada juga yang berpendapat tidak sunat.
Gerhana bulan penumbra kali ini akan terjadi pada Minggu Malam tanggal 17 September 2016 mulai pukul 23:54 sampai pukul 03:53 Wib. Gerhana bulan penumbra kali ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang samapai Merauke. Untuk tahun 2016, ini merupakan gerhana terakhir dari jumlah 4 kali gerhana yang terjadi dalam tahun ini yang terdiri dari dua kali gerhana matahari (gerhana matahari total 9 Maret dan gerhana matahari cincin 1 September) dan dua kali gerhana bulan (kedua-duanya gerhana bulan penumbra yaitu 23 Maret dan 17 September). Gerhana bulan penumbra kali ini boleh dikatakan gerhana penutup di tahun 2016, karena setelah gerhana ini terjadi tidak ada lagi peristiwa gerhana di tahun 2016, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar