Cari Blog Ini

Rabu, 25 Maret 2015

MASYARAKAT ACEH BERKESEMPATAN MELIHAT GERHANA BULAN TOTAL 4 April 2015 M



          Gerhana Bulan merupakan salah satu peristiwa alamiah dimana posisi Matahari, Bumi dan Bulan berada pada satu garis lurus. Bila bayang Bumi hanya menutupi sebahagian permukaan Bulan, maka gerhana ini dinamai dengan gerhana Bulan Parsial, dan bila bayang Bumi menutupi seluruh permukaan Bulan, maka dinamakan dengan gerhana Bulan total (GBT).

Gerhana Bulan total adalah sebuah peristiwa gerhana Bulan dimana lingkaran bayang inti Bumi sepenuhnya menutupi lingkaran Bulan. Secara kasat mata, di saat puncak gerhana terjadi, seluruh bulatan piringan Bulan akan terlihat berwarna hitam dalam beberapa saat.
            Dengan pendekatan ilmu falak dan sofware ilmu falak yang kami miliki, Gerhana Bulan total kali ini kami pastikan akan terjadi pada hari Sabtu 4 April 2015 dari pukul 17:15 s/d 20:45 WIB, puncak gerhana terjadi pukul 18:58 WIB dimana 99% permukaan Bulan ditutupi oleh bayang inti Bumi. Secara global gerhana Bulan total kali ini akan terlihat di segenap Australia, sebagian besar Asia serta sebagian besar Amerika. Namun wilayah yang dapat menyaksikan gerhana secara penuh dalam setiap fasenya (tanpa terganggu aktivitas terbit ataupun terbenamnya Bulan) hanyalah sebagian besar Alaska, Russia bagian timur, sebagian Jepang, sebagian besar Australia dan sebagian besar pulau Irian.
            Di Indonesia, Gerhana Bulan Total ini akan terlihat di seluruh Indonesia dengan durasi waktu yang berbeda-beda. Daerah yang terlihat sempurna gerhana Bulan total ini dari awal gerhana sampai akhir cuma Provinsi Papua, Provinsi Irian Jaya Barat, Provinsi Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku. Sedangkan untuk seluruh pulau Jawa dan pulau Sumatera tidak bisa melihat proses gerhana Bulan total ini dari awal sampai akhir karena saat awal gerhana terjadi Bulan masih di bawah ufuk Timur. Awal terlihat gerhana Bulan total di pulau Jawa dan pulau Sumatera sangat berpariasi tergantung waktu tebit Bulan di daerah masing-masing. Di Lhokseumawe gerhana mulai terlihat pukul 19:00 Wib, Banda Aceh mulai pukul 19:08 wib, Medan pukul 18:52 Wib, Padang, Riau, Pekan Baru pukul 18:48 Wib. Kami berharap kepada semua lapisan masyarakat agar dapat mempersiap diri untuk melaksanakan salat sunat gerhana Bulan ini setelah selesai salat Magrib di mesjid masing-masing dengan mekanisme atau ketentuan dapat ditanyakan kepada tokoh agama di masing-masing daerah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar