Cari Blog Ini

Jumat, 27 Oktober 2017

IAIN Lhokseumawe Peringati Malam Pengamatan Bulan Internasional 2017



Oleh. Tgk. Ismail, S.Sy, M.A
Kepala Pusat Studi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe
            InOMN adalah singkatan dari International Observe the Moon Night atau malam pengamatan bulan internasional. InOMN merupakan kegiatan tahunan yang digagas dan dideklarasikan pertama kali pada tahun 2010 oleh para astronom amatir dan profesional di negara Amerika Serikat, kemudian acara ini disambut dengan baik oleh pecinta langit dan selalu diperingati di setiap tahunnya oleh semua tim astronom amatir dan professional di seluruh dunia.

Untuk penetapan tanggal memperingati InOMN di setiap tahunnya harus terpenuhi beberapa ketentuan atau persyaratan, sperti pengamatan harus dilakukan pada malam Minggu yang bertepatan pada seperampat awal bulan Hijriyah di bulan September, Oktober atau November dan pengamatan harus menggunakan teleskop (alat untuk melihat bulan) agar semua pengunjung bisa melihat secara langsung bentuk permukaan bulan dan Kawah yang ada di bulan.
            InOMN dideklarasikan bertujuan untuk memperkenalkan bulan kepada masyarakat umum secara teori ilmiah, mengingat hanya bulan satu-satunya benda langit yang dekat dengan bumi, sangat indah saat dipandang, beragam pemahaman mitos terhadap bulan dan bulan juga satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi.
            Sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati, maka InOMN untuk tahun 2017 jatuh pada tanggal 28 Oktober 2017 bertepatan pada seperampat awal bulan Safar 1439 H. Pada kesempatan ini Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe akan memperingati InOMN tahun 2017 di depan gedung Perpustakaan IAIN Lhokseumawe dengen menggunakan tiga teleskop. Acara ini diperuntukkan untuk masyarakat umum dan diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ingin melihat secara langsung permukaan bulan dengan teleskop agar dapan menghadiri tempat tersebu. Acara dimulai pukul 18:00 s/d 21:00 Wib.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar