Cari Blog Ini

Senin, 15 Juli 2019

IAIN Lhokseumawe Siapkan 5 Teleskop untuk pengamatan gernaha bulan parsial


Oleh: Tgk. Ismail, S.Sy., MA
Dosen Ilmu Falak pada Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe.
            Peristiwa gerhana bulan parsial yang akan terjadi Rabu dini hari 17 Juli 2019 merupakan satu-satu nya peristiwa gerhana bulan yang bisa disaksikan di daratan Aceh. Gerhana terjadi mulai pukul 03.02 sampai pukul 06.00 Wib dapat disaksikan diseluruh daratan Indonesia dengan durasi waktu sesuai dengan wilayah masing-masing. 
       Bagi umat Islam, peristiwa gerhana, selain mengandung nilai ilmu pengetahuan juga mengandung nilai ibadah. Sisi ilmu pengetahuan dapat dipelajari dari asumsi keteraturan orbit bumi dan bulan yang sudah mampu diaplikasikan dalam bentuk algoritma dengan keakuratan yang sangat tinggi, dengan dapat diketahui waktu gerhana diharapkan dapat menguatkan keimanan kepada sangpencipta gerhana. Sedangkan sisi ibadah, umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan salat sunat gerhana secara berjamaah.
            Untuk mengakomodir kedua nilai tersebut, Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe mengadakan pengamatan bersama di Observatorium Malikussaleh Gedung Laboratorium Center Kampus IAIN Lhokseumawe dengan menggunakan 5 teleskop. Acara ini terbuka untuk umum dan bekerjasama dengan Kemenag Kota Lhokseumawe dan Kemenag Aceh Utara. Acara pengamatan direncanakan mulai pukul 03.00 sampai 06.00 Wib. Sedangkan acara salat gerhana dilaksanakan pada pukul 04.30 Wib di Masjid Kampus IAIN Lhokseumawe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar