Cari Blog Ini

Kamis, 21 Januari 2016

STAIN Malikussaleh Lhokseumawe siapkan 500 Kacamata Matahari untuk Pengamatan GMT 9 Maret 2016

Peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi tanggal 9 Maret 2016 sudah menjadi isu nasional dan kejadiannya tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan di tingkan lokal dan nasional mulai diadakan. Seperti, Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) telah melakukan
launching hitung mundur GMT 2016 pada tanggal 14 Januari 2016 di kantor pusat LAPAN Rawamangun Jakarta Tumur, kegiatan ini bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa dari pemahaman yang salah terhadap peristiwa gerhana.
            Untuk wilayah lhokseumawe, Pusat Studi Ilmu Falak (PSIF) STAIN Malikussaleh Lhokseumawe juga telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyambut peristiwa gerhana matahari tersebut. Salah satu upaya yang sedang kami lakukan adalah mempersiapkan kacamata matahari sekitar 500 buah. Kacamata matahari ini direncanakan akan dibagikan kepada peserta pengunjung saat gerhana terjadi, memiliki kacamata matahari sangatlah penting karena gerhana matahari tidak bisa dilihat tanpa pelindung mata dan bila dipaksa untuk melihat akan berakibat buta.

Kami berupaya semua peserta yang datang nantinya bisa menikmati proses terjadi gerhana dari awal sampai akhir, hal ini akan terwujut bila semua peserta mendapat bagian kacamata matahari. Dengan adanya kacamata matahari, kita berharap penggunaan teleskop yang jumlahnya sangat terbatas yaitu 6 buah teleskop yang kami punya bisa maksimal diperuntukkan untuk merekam peristiwa gerhana untuk dokumentasi ilmiah.
Untuk diketahui, GMT 9 Maret 2016 akan terjadi bersamaan dengan hari libur nasional (Hari Raya Nyepi) gerhana terlihat pukul 06:26-08:26 Wib. Untuk wilayah Aceh akan terlihat gerhana matahari sebahagian dimana saat puncak gerhana pukul 07:22 wib piringan bulan hanya menutupi sekitar 76 persen piringan matahari.

Untuk lokasi pengamatan dan tempat pelaksanaan salat gerhana matahari untuk wilayah lhokseumawe, kami sedang berupaya dan akan kami beritaukan dikemudian disaat semua proses ujicoba tempat dan kelengkapan administrasil selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar