Cari Blog Ini

Kamis, 03 Maret 2016

STAIN Malikussaleh Ujicoba Lokasi Pengamatan Gerhana 9 Maret 2016

Pusat Studi Ilmu Falak STAIN Malikussaleh Lhokseumawe ujicoba lokasi pengamatan gerhana matahari yang akan dipakek untuk pengamatan dan shalat gerhana pada tanggal 9 Maret 2016. Lokasi yang akan kami jadikan sebagai tempat pengamatan gerhana matahari dan salat gerhana adalah lapangan KP-3, lokasi
ini dipilih karena mengingat arah timur yang merupakan tempat terbit matahari langsung berbatasan dengan laut dan mudah diakses oleh masyarakat umum yang ingit shalat gerhana dan mengamati gerhana matahari.

            Acara ujicoba dilakukan mulai pukul 06:00 sampai pukul 08:30 Wib. Dari hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa tempat yang kita gunakan sudah standar untuk pengamatan gerhana 9 maret 2016, mengingat arah timur langsung berbatasan dengan laut, arena lapangan juga luas dan datar. Untuk kondisi kaki langin timur saat ujicoba tadi memang sedikit berkabu yang bisa menghalangi terlihat matahari dari terbit yang sebenarnya sekitar 8 menit.

           
Dalam ujicoba tadi, kami juga sempat menguji Live Sreaming yang akan dipakai pada hari pengamatan nanti, hasilnya sangat bagus karena jangkoan jaringan internet sangat memadai. Untuk melihat Live Streaming peristiwa gerhana matahari dari lokasi kami bisa di alamat ini http://ustre.am/1uMzn, untuk keaktifan nya mulai pukul 07:00 sampai 08:30 wib tanggal 9 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar