Cari Blog Ini

Kamis, 13 Juli 2017

FASYA IAIN Lhokseumawe Buka Jurusan Ilmu Falak (Astronomi Islam)

Oleh: Tgk. Ismail, S.Sy.,MA
Kepala Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe



          Informasi seputar ilmu falak di kampus IAIN Lhokseumawe memang terasa tidak asing langi ditelinga masyarakat Aceh khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, hal ini sangat wajar dikarenakan semenjak tahun 2010 di kampus ini sudah mulai memperioritaskan kajian ilmu falak, hal ini dibuktikan dengan terbentuknya UKM Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) di tingkat Ormawa, pada tahun 2015 dibentunya Pusat Studi Ilmu Falak (PSIF) di bawah LPPM IAIN Lhokseumawe. Keberadaan LKIF dan PSIF secara kenyataan sangat bermanfaat bagi masyarakat umum, dimana semua peristiwa penting seperti gerhana bulan dan gerhana matahari selalu diimformasikan jauh-jauh hari sebelum peristiwa terjadi dengan harapan semua masyarakat bisa menyiapkan diri untuk salat sunat gerhana yang dianjurkan oleh agama Islam. Tidak hanya itu, para penggian ilmu langka ini juga selalu turut andil dalam menjawab opini publik di seputar ilmu falak, seperti persoalaan kiblat, waktu salat dan fenomena perbedaan dalam mengawali atau mengakhiri puasa Ramadhan.

            Mengingat begitu komplit nya permasalahan dan besarnya manfaat dari ilmu falak ini, maka sudah sewajarnya sumber daya manusia yang handal dalam bidang ilmu falak sangat dibutuhkan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kampus IAIN Lhokseumawe membuka Jurusan Ilmu Falak (Astronomi Islam) pada tahun 2017 di bawah Fakultas Syariah (FASYA). Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkan SK izin operasional jurusan tersebut oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam pada bulan Juni 2017 dengan nomor 3451 tahun 2017. Keberadaan jurusan ilmu falak ini menjadi satu-satu nya jurusan saat ini untuk wilayah Sumatera dan yang ke-4 di Indonesia, dimana pada awalnya jurusan ilmu falak ini hanya ada di UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Alauddin Makasar. Diharapkan dengan hadirnya jurusan ilmu falak (astronomi Islam) di kampus IAIN Lhokseumawe dapat mencetak kader astronom muslim yang bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan nasional dan internasional. Fasilitas penunjang untuk Jurusan Ilmu Falak ini sudah tergolong memadai, hal ini dibuktukan dengan adanya Lab ilmu falak dengan kelengkapan alat yang sudah memenuhi standar nasional, seperti telskop, minigolar, theodolit, Astrolabe, mizwala dan ditambah lagi dengan akan dibangunnya Observatorium Ilmu Falak pada tahun 2018.


            Untuk tahun ini (2017), pendaftaran mahasiswa/i untuk jurusan ilmu falak (astronomi Islam) akan dibuka pada tanggal 11-21 Juli 2017. Pendaftaran dibuka setiap hari kerja di Lantai satu gedung Biro Rektor IAIN Lhokseumawe. Diharapkan bagi lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren muadalah tahun 2014,2015,2016 dan 2017 dapat langsung mendaftarkan diri sebelun batas pendaftaran berakhir. Alumni jurusan ilmu falak sangat dinanti-nantikan oleh lapangan kerja, seperti pada Kantor Kemenag di setiap Kabupaten/Kota di bidang hisab rukyat atau di KUA pada bidang arah kiblat dan pada Mahkamah Syar’iyah dan pada observatorium atau planetarium yang telah ada di Indonesia. Mari bergabung bersama kami, semoga jadi insan yang mulia.  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar