Cari Blog Ini

Jumat, 04 Agustus 2017

IAIN Lhokseumawe Buat Acara BIMTEK Hisab Arah Kiblat

Oleh. Ismail, S.Sy., MA
Kepala Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe

            Salah satu permasalahan klasik yang masih eksis di masyarakat muslim Indonesia adalah persoalan pelencengan arah kiblat. Sejatinya, persoalan ini tidak terjadi lagi di era modern, mengingat begitu maju dan mudahnya mendapatkan informasi seputar arah kiblat dan sudah ada instrumen yang sangat akurat dalam hal mendeteksi arah kakbah yang terletak di masjidil haram Mekah Saudi Arabia.
            Dalam pendekatan ilmu falak, arah kiblat adalah arah terdekat dalam likaran besar yang menghubungkan suatu tempat sampai ke Kakbah. Untuk mengetahui arah ini, banyak instrumen yang tergolong memadai, seperti bayang kiblat, rasydul kiblat, mizwala dan theodolet digital. Namun sampai saat ini, tim yang ahli dalam bidang ini masih tergolong langka, sehingga persoalan arah kiblat belum terealisasikan dengan sebagaimana mestinya.


Menaggapi kelangkaan ahli dalam mengukur arah kiblat, Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe mengadakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab Arah Kiblat kepada calon tenaga ahli yang mewakili dari kalangan mahasiswa, penyulus agama dan Dayah. Acara ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 19-20 Juli 2017 dengan jumlah waktu 12 jam dalam empat materi yang terdiri atas Urgensi Ilmu Falak dalam perspektif fikih, materi ini disampaikan oleh Tgk Asnawi Abdullah, MA ketua MPU Kota Lhokseumawe, berikutnya materi “Arah kiblat dalam perspektif Ilmu Falak”, materi ini disampaikan oleh Waled Mustafa M.Isa Pulo, Ahli Hisab dan anggota MPU Aceh Utara, selanjut nya “Hisab arah kiblat”, materi ini disampaikan oleh Tgk. Ismail, S.Sy. MA dosen ilmu falak Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe. Terakhir praktikum mengukur arah kiblat dengan theodolit yang dipandu oleh Muazir. M, S.Sy dan Abdul Rahman, S.HI. Acara ini sangat bermanfaat dan harus selalu digalakkan demi terwujutnya akselerasi informasi tentang arah kiblat di masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar