Cari Blog Ini

Jumat, 04 Januari 2019

INFORMASI GERHANA TAHUN 2019

Secara global, ada 5 peristiwa gerhana yang akan terjadi sepanjang tahun 2019, namun tidak semua peristiwa gerhana tersebut dapat diamati dari Aceh.
1. Gerhana Matahari Parsial, 06 Januari 2019.
2. Gerhana Bulan Total, 21 Januari 2019.
3. Gerhana Matahari Total, 02 Juli 2019.
4. Gerhana Bulan Parsial, 17 Juli 2019.
5. Gerhana Matahari Cincin, 26 Desember 2019.
Dari lima peristiwa gerhana tersebut, ada 2 gerhana yang bisa diamati di Aceh, pertama gerhana bulan parsial yang terjadi pada tanggal 17 Juli 2019 dini hari. kedua gerhana matahari cincin yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2019 mendekati waktu salat zuhur di Aceh.

Dari dua gerhana yang terlihat di Aceh, gerhana matahari cincin harus menjadi perhatian kita semua, mengingat tanggal 26 Desember 2019 bertepatan dengan hari memperingati peristiwa Tsunami Aceh, dimana biasanya panitia acara peringatan Tsunami akan mengadakan acara di beberapa tempat di Aceh, alangkah indah nya bila salat gerhana matahari dan khutbah gerhana menjadi bahagian dari serangkaian kegiatan memperingati peristiwa Tsunami Aceh.
Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 mirip dengan peristiwa gerhana cincin yang pernah terjadi pada masa Nabi SAW. pada tahun ke-10 H bertepatan pada tanggal 30 Januari 632 M sekitar pukul 9 pagi. Selain kesamaan pada nama gerhana, yaitu sama-sama gerhana cincin, waktu kejadian juga hampir sama, dimana waktu terjadinya gerhana sama-sama menjelang siang hari. Peristiwa gerhana cincin 30 Januari 632 M menjadi penting bagi umat Islam, dimana pada peristiwa gerhana ini lahir Hadis yang menerangkan tata cara salat gerhana dan penjelasan Nabi terhadap peristiwa gerhana. Informasi yang tidak kalah penting adalah meninggal nya putra Nabi, Ibrahim bin Muhammad SAW. juga pada hari itu dan diperkirakan pemakaman berlangsung di pagi hari, tidak lama kemudian terjadilah gerhana matahari, sehingga banyak masyarakat arab yang menyangka bahwa matahari ikut berduka. Bisikan masyarakat Arab sampai pada telinga Nabi, sehingga salah satu isi khutbah Nabi menjelaskan tentang tidak ada kaitannya gerhana dengan kematian seseorang dan lahirnya seseorang. informasi lengkap tentang gerhana matahari pada masa Nabi SAW. bisa dibaca dalam buku Prof. Thomas Djamaluddin "Menggagas Fiqih Astronomi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar