Cari Blog Ini

Kamis, 03 Januari 2019

RESAPAN MAKNA RUKUN ISLAM DALAM KEHIDUPAN.

    Rukun Islam yang telah tersusun dengan rapi dan sudah di hafal semenjak duduk di bangku Sekolah Tingkat Kanak-kanak perlu didalami dan dihayati dalam keyakinan umat Islam. Bila rukun Islam hanya di hafal saja, tidak dihayati makna yang sesungguhnya, maka butir-butir rukun Islam akan menjadi sebuah catatan yang tidak berbekas pada kehidupan umat Islam. Bila rukun Islam sudah menjadi bahan bacaan saja, maka dikhawatirkan ada waktu nya nanti, umat Islam akan mempertanyakan apa makna dan fungsi rukun Islam dalam kehidupan umat Islam itu sendiri.


      Untuk sekedar menghadirkan kembali, mari kita lihat kembali susunan rukun Islam yang 5 butir ini:  
1. Mengucap dua kalimat syahadat
2. Mendirikan salat
3. Menunaikan zakat
4. Berpuasa ramadhan
5. Melaksanakan haji
     Ada dua sisi makna yang perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dari butir-butir rukun Islam, pertama dari sisi urutan dapat dilihat ada makna yang terkandung dari penomoran rukun Islam, artinya dalam kehidupan sehari-hari umat Islam harus melalui satu persatu butir rukun Islam secara berurutan, bila tidak dilalui secara berurutan, nilai dari rukun Islam akan hilang dari jiwa umat Islam.  Kedua dari sisi poin dari rukun Islam yang sangat sarat dengan maknanya, maka umat Islam harus mengetahui apa makna dan penting nya satu persatu butir rukun Islam dalam mengasah jiwa umat Islam.

      Makna mengucap dua kalimat syahadat dalam kehidupan umat Islam adalah pengakuan terhadap ada yang menguasai dalam kehidupannya, yaitu Allah Swt, yang informasi keagungan nya di terima dari sabda utusan Nya, yaitu Nabi Muhammad Saw. Bila makna ini belum kuat dalam jiwa umat Islam, untuk melakukan rukun Islam berikutnya akan terasa berat dan sulit.

     Makna mendirikan salat dalam kehidupan umat Islam ada pada kualitas sujud, sejauh mana seorang manusia merasa dirinya seorang hamba dalam setiap sujud nya, sejauh itulah realisasi kepatuhan terhadap semua perintah Allah dalam hidup diluar salat nya. Mengakui ada relasi pengatur dalam rukun Islam pertama akan sangat mempengaruhi kualitas sujud seorang hamba, sejauh mana kualitas sujud seorang hamba sejauh itu akan mempengaruhi keseharian seorang hamba.

     Makna menunaikan zakat dalam kehidupan umat Islam lebih pada pengakuan kesetaraan kesejahteraan dalam kehidupan bersama, umat Islam diajarkan untuk sama-sama sejahtera dalam bidang ekonomi, saling membina dan membantu, bukan saling menjatuhkan. Rasa ingin saling sejahtera akan muncul dalam hati seorang hamba, bila makna rukun Islam pertama dan kedua sudah benar-benar kuat dalam hati seorang hamba.

    Makna mengerjakan puasa dalam kehidupan sehari-hari adalah melatih mental dalam merahasiakan amal baik, latihan merenungkan kehidupan sosial dan latihan untuk batin. Puasa akan terasa butuh bagi manusia bila salat, zakat dan syahadat nya sudah menjiwai dalam kehidupan sehari-sehari.

         Makna menunaikan haji dalam kehidupan adalah kerelaan dalam mengorbankan harta, waktu dan tenaga untuk beribadah. Haji merupakan ibadah yang berat untuk ditunaikan bila sikap kerelaan dalam jiwa hamba masih kurang.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar