Cari Blog Ini

Kamis, 10 Januari 2013

MENGENANG TAHUN 2012 DENGAN ISU-ISU YANG MENGERIKAN



MENGENANG TAHUN 2012 DENGAN ISU-ISU YANG MENGERIKAN
OLEH TGK. ISMAIL, S.Sy[1]

Memasuki tahun 2013 sebagian manusia pasti merasa lega, khususnya bagi yang termakan isu kiamat 2012. Perjalanan waktu terasa lelah dan lama membawa kita melewati tahun 2012, dimana mengarungi tahun yang lalu berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, inilah tahun dimana desas-desus kiamat atau akhir dunia menjadi isu terpanas khususnya pada bulan Desember tahun 2012. Isu ini mengklaim bahwa akhir dunia dipicu oleh peristiwa-peristiwa astronomi dalam bentuk tumbukan planet / komet / asteroid, badai matahari dan kegelapan total pada 23-25 desember 2012, Bagi masyarakat awam, mendengar pemberitaan seperti ini membuat bulu kuduk langsung merinding, berfikir yang aneh-aneh dan ujung-ujung nya berfikir bahwa bumi kita akan kiamat di tahun 2012.

Untuk lebih jelas, mari kita renung kembali isu-isu yang telah membuat tahun 2012 menjadi tahun yang mengerikan, mungkin ini menjadi filter bagi kita semua dalam menerima isu-isu yang sama dikemudian hari.

A.    Badai Matahari
Isu kiamat 2012 mengklaim bahwa kajadian badai Matahari berdampak demikian dahsyat bagi bumi sehingga membalikkan kutub selatan ke utara yang berakibat matahari bakal terbit dari sebelah barat dan tenggelam sebelah timur, mirip dengan tanda-tada awal datangnya kiamat. Peristiwa ini konon sudah terjadi di Mars dan Venus. Dalam dunia Astronomi istilah kejadian Badai Matahari memang benar ada tapi respon planet Bumi dalam menghadapi badai matahari ini berbeda dengan planet-planet lain, seperti Venus dan Markurius.
Planet Markurius dengan kombinasi dekatnya planet ke Matahari, lemahnya medan mangnetik dan sangat tipisnya atmosfer menyebabkan terpaan badai matahari langsung menerpa permukaan Markurius sehingga menimbulkan pemadatan dan penggelapan. Sementara pada Venus, meski memili atmosfer yang sangat tebal namun dengan tidak adanya medan maknetik membuat terpaan badai Matahari langsung menembus atmosfer hingga menyebabkan kenaikan suhu luar biasa, yakni sebesar 35% dari suhu rata-rata.(Erni Latifah Wulandari,2012).
Perubahan suhu mendadak ini amat dramantis jika misalnya terjadi pada bumi. Sebab jika presentase kanaikan suhu yang sama diterapkan di Bumi, maka akan terjadi peningkatan suhu mendadak sebesar 8 derajat celcius di atas normal. Inilah alasan badai Matahari mengakibatkan kematian makhluk hidup secara besar-besaran. Ternyata ini cuma isu, sungguh maha besar Allah dalam melindungi Bumi sedemikian rupa sehingga nyaman sebagai tempat hidup manusia dan makhluk lainnya. Perlindungan ini terwujud dalam bentuk atmosfer dan magnetosfer yang dimiliki oleh Planet Bumi. (lihat gambar 1)

B.     Planet nibiru menabrak bumi
Planet Nibiru mulanya diperkenalkan oleh Zecharia Stichtin yaitu seseorang yang memproklamirkan diri sebagai ahli bahasa-bahasa kuno dan pendukung ide astronot purba sebagai makhluk cerdas luar angkasa. Menurut Zecharia Stichtin planet nibiru melintas dekat dengan bumi setiap 3.600 tahun sekali dan memungkinkan penghuninya berinteraksi dengan peradaban manusia. (Eko Hadi Gunawan, 2012).
Planet nibiru memiliki diameter seukuran planet saturnus yaitu sekitar 120.000 km. Dalam revolusi nya dikabarkan ia memiliki revolusi 3600 tahun sekali dan permukaannya sangat gelap dengan Albedo setara 0,4 atau setara dengan lemah nya albedo asteroid yang telah dapat teramati. Jika kita menyatakan gelap terangnya bintang dengan menggunakan istilah magnitudo semu maka untuk benda langit selain bintang seperti planet, komet dan asteroid kita menyatakan gelap terang nya benda langit dengan istilah Albedo. Albedo selalu lebih besar dari 0 dan selalu lebih kecil dari angka 1 dimana semakin besar albedo nya maka semakin terang benda langit. Planet nibiru dikatakan akan menabrak bumi didaerah kutub selatan pada 21 Desember 2012 dengan sudut elevasi atau ketinggian 45 derajat. Dari sinilah kita dapatkan kembali profil orbit nibiru yang sangat lonjong dengan eksentrisitas 0,99 serta perihelion 134 juta km lebih dekat ke Matahari dibanding Bumi dan memiliki aphelion 70,36 milyar km atau 12 kali lebih jauh dibanding Pluto. Inklinasi orbitnya pun cukup besar yakni 66,5 derajat. Orbit ini jauh berbeda dibanding orbit planet manapun di tatasurya dan justru orbit ini identik dengan orbit sebuah komet. Perkiraan planet nibiri menabrak Bumi terjawab sudah dengan terlewatnya tanggal 21 Desember 2012.


C.    Bumi akan gelap pada tanggal 23-25 Desember 2012
Heboh nya pemberitaan yang beredar mengenai bumi akan gelap selama tiga hari yang “katanya” di publikasikan oleh NASA membuat banyak orang heboh dan membahas akan terjadi nya kegelapan total di bumi. Tak hanya itu saja, berbagai media informasi baik blog, website maupun jejaring sosial mendadak serentak merilis pemberitaan ini seolah menjadi sebuah gossip yang layak dikonsumsi.
Beberapa alasan gelapnya Bumi selama tiga hari dengan lantang dikemukakan seperti:
1.      Bumi akan gelap akibat tertutup merkurius dan venus
2.      Kesejajaran planet-planet di tatasurya.(lihat gambar 1)
3.      Pergantian orbit planet Bumi dan
4.      Benda langit asing yang menempati posisi Matahari dan Bumi.
            Inilah tiga isu yang berkembang di tahun 2012 yang menyebabkan sebahagian orang menganggab sebagai tahun yang mengerikan. Seperti diduga, tebak-tebakan itu selalu meleset. Setiap tebakan hanya berujung pada kenyataan bahwa dunia ini tetap berjalan seperti biasa tanpa suatu peristiwa dramatis global. Namun para penebak, yang selalu mengandalkan dasar metafisis dan astrologi bukan astronomi tak pernah kehilangan akal untuk menciptakan isu yang sama walau dalam motif yang berbeda-beda. Pada satu sisi, kabar bohong tersebut ada nilai positif seperti ada orang yang insaf dan mempersiapan bekal menuju kematian, akan tetapi di sisi lain akan menciptakan skeptisme publik sekaligus membajak pesan-pesan leluhur yang disampaikan agama samawi tentang adanya hari kiamat dan yang lebih parah lagi kabar bohong kiamat 2012 akan terpancing jiwa sebagian manusia untuk menciptakan isu bohong yang lain dalam motif yang berbeda.  Wallahu’aklam bissawab…Waspadalah…….Sekian.
Gambar 1
Sumber: kafe astronomi.com


http://www.kafeastronomi.com/wp-content/uploads/2012/10/bidang-orbit.jpg
Gambar 2
Sumber . Kafe Astronomi.com


[1] Pembina Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF)  STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Hp.085277400885

Tidak ada komentar:

Posting Komentar